Selamat Datang

Selasa, 15 Maret 2011

Kisah Singa dan Tikus


Mari saya ceritakan kisah tentang singa dan tikus. Suatu hari, seekor tikus kecil merayap menuju ke singa yang tidur. Tikus mengagumi telinga singa, kumis yang panjang dan surai yang besar.

"Selama dia tidur," pikir tikus, "dia tidak akan pernah menduga aku di sini!"
Dengan demikian, tikus kecil naik ke ekor singa, melintasi punggung, meluncur ke bawah kakinya dan melompat turun dari kaki nya. singa terbangun dan cepat menangkap tikus dengan cakarnya.
"Kumohon," kata tikus, "biarkan aku pergi dan aku akan kembali dan membantu anda suatu hari nanti."

singa itu tertawa, "Kau begitu kecil! Bagaimana bisa membantu saya? "
singa itu tertawa begitu keras ia harus menahan perutnya! Tikus melompat untuk kebebasan dan berlari sampai ia jauh, jauh sekali.
Keesokan harinya, dua pemburu datang ke hutan. Mereka pergi ke sarang singa. Mereka memasang jerat tali besar. Ketika singa pulang malam itu, ia melangkah masuk ke dalam perangkap.
Dia meraung! Dia menangis! Tapi ia tidak bisa membebaskan diri.
Tikus mendengar auman menyedihkan singa dan kembali untuk membantu dia. Apakah Anda tahu bagaimana dia menolongnya?

Yah, dia melihatnya terperangkap dan melihat tali tebal yang diadakan bersama-sama. Dia mulai menggigit dan menggigit sampai tali itu putus. singa mampu melepaskan tali lain yang menjeratnya erat. Dia berdiri bebas lagi!
singa itu berbalik ke tikus dan berkata, "teman, aku bodoh untuk menertawakan karena kamu kecil. Setelah semua itu kamu membantu saya dengan menyelamatkan hidup saya! "

Diterjemahkan dari: Joko Priyana, Triyani Retno Putri Saridewi, Yuliyanti Rahayu, Interlanguage: English for Senior High School Students XII Science and Social Study Programe, Jakarta, Pusat Perbukuan Depdiknas, 2008.

image from internet (google image with keywords searching "lion and mouse")

salam,


Banjarmasin, 15 Maret 2011
Kalsel. 06:30 PM WITA

[...]
Cerita terkait:
The Lion and The Mouse Story
Kisah Singa dan Tikus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar