Selamat Datang

Sabtu, 03 April 2010

sejarah dikaitkan dengan cerita rakyat

Sejarah yang ada di Indonesia tak bisa dilepaskan dari cerita rakyat. Sejarah suatu daerah atau tempat tertentu berkaitan erat dengan cerita rakyat setempat. Ketak pastian sejarah dapat pula merujuk kepada awal atau asal muasal dari cerita rakyat. Cerita rakyat tersebut perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Dalam hal penbentukan sebuah nama daerah atau tempat ada beberapa tempat yang di Indonesia berkaitan erat dengan sebuah cerita rakyat. Sebuah contoh yaitu cerita terjadinya penamaan salatiga. Tentu cerita ini sudah banyak orang yang mengetahuinya.

Ada pula yang baru saya ketahui. Bahwa nama Subang mempunyai cerita sendiri. Silahkan simak artikel berikut ini:

-------
Sejarah Subang Tempo Doeloe
Oleh : Alam Rantjatan | 01-Apr-2010, 18:04:35 WIB

KabarIndonesia - Asal-usul nama Subang hingga saat ini mempunyai bermacam-macam presepsi. Sampai saat ini belum ada keterangan resmi tentang asal-muasal penamaan Kota Subang.

Dari cerita rakyat berdasarkan histografi tradisional, Subang berasal dari nama seorang wanita, yang termuat dalam Badad Siliwangi yaitu Subanglarang atau Subangkarancang. Hal itu dikuatkan oleh cerita Badad Pajajaran yang mengisahkan bahwa di daerah Karawang ada sebuah pesantren yang dipimpin oleh Syeh Datuk Quro. Ada seorang wanita bernama Subanglarang atau Subangkarancang yang merupakan putri dari Ki Jamajan Jati. Pada waktu itu Subanglarang sedang belajar di pesantren Syeh Datuk Quro, hingga kelak dinikahi oleh Raden Pamanahrasa yang bergelar Prabu Siliwangi sebagai Raja Pajajaran. Mereka mempunyai dua orang anak yaitu Raden Walangsungsang Raja dan Ratu Rarasantang.

Ada pula versi lain bahwa kata Subang berasal dari nama suatu tempat di daerah Kuningan. Ketika perusahaan P & T Land waktu itu dipimpin oleh PW. Hofland, memerlukan karyawan yang banyak, sehingga harus mendatangkan tenaga kerja dari luar. Diantaranya didatangkan dari daerah Subang Kuningan. Penduduk Subang pada waktu itu belum banyak seperti sekarang. Para pendatang tersebut kemudian membuat perkampungan di sekitar pabrik yang disebutnya Babakan atau Kampung Subang, sesuai asal tempat tinggal mereka.

Dari dua versi cerita tersebut, belum diketahui pasti mana yang benar tentang asal-muasal nama Subang.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/

sumber:
http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=15&jd=Sejarah+Subang+Tempo+Doeloe&dn=20100401062026
---------

Dari artikel tersebut kita dapat menambah kasanah cerita rakyat yang ada di Indonesia. Cerita yang ada di masyarakat tersebut tidak dapat diketahui secara pasti kebenarannya.

salam,
penulis

ceritera rakyat blog
sabtu, 04-03-2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar