Selamat Datang

Kamis, 15 April 2010

Artis Mendongeng

sudah kita ketahui bahwa mendongeng merupakan suatu cara bercerita yang dilakukan oleh orang tua kepada anak-anak. Hal seperti ini dilakukan oleh ayah ibu kepada anaknya. Atau bisa pula dilakukan oleh kakek nenek kepada cucu mereka.

Rentang waktu terus berlalu hal-hal yang berhubungan dengan dongeng mendongeng sekarang mulai ditinggalkan.

Kalau dulu kita bisa mendengarkan cerita rakyat yang didongengkan oleh kakek nenek kita ketika kita akan tidur. Sekarang ini sangat sulit terdengar lagi kegiatan seperti itu.Pada dasarnya kegiatan mendongeng bisa meningkatkan hubungan pertalian orang tua dan anak. Maka terjalin komunikasi diantara mereka. Juga bisa meningkatkan daya imajinasi anak.

Masihkah ada orang yang mau mendongengkan untuk anak-anaknya. Itulah yang menjadi pertanyaan yang menarik. Ternyata dalam sebuah berita ada seorang artis yang mendongeng. Simak saja artikel berikut ini:


Cut Mini : Mendongeng itu Menyenangkan
Senin, 22 Maret 2010 - 19:41 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Sukses menjadi guru Bu Muslimah di film layar lebar berjudul Laskar Pelangi, artis Cut Mini kini antusias untuk mempelajari segala hal yang belum diketahuinya.

Artis berdarah Aceh itu mengaku tengah belajar mendongeng dan menurutnya mendongeng sangat menyenangkan. “Ini adalah pekerjaan baru saya, untuk terus belajar mengembangkan diri,” tuturnya pada Pos Kota .


Bintang film Arisan ini menuturkan, butuh persiapan serius agar bisa menjadi pendongeng profesional, misalnya belajar berimajinasi dan sering membaca buku-buku cerita rakyat.

“Ketika membaca dongeng seseorang harus ngebayangin apa saja yang sedang diceritakan, baru bisa mengeluarkan nadanya,” tuturnya antusias.Cewek kelahiran Jakarta, 30 Desember 1973 ini juga menegaskan bahwa seorang pendongeng harus memiliki kualitas suara yang baik.

Untuk itulah dirinya giat berlatih suara perut guna mengatasi suara cemprengnya.

Saat sedang santai di rumahnya, istri dari Muhamad Safril Sarwono ini juga kerap berdongeng untuk para keponakannya. “Rumah saya merupakan rumah kumpul bocah, di setiap sudut rumah bisa digunakan bermain,” ujar bintang sinetron Gara-Gara Inul. (mia/aw).

sumber:http://www.poskota.co.id/hiburan/2010/03/22/cut-mini-mendongeng-itu-menyenangkan


Mendongeng sebenarnya untuk mendekatkan kita pada anak-anak kita. Salah satu pendekatan kita. Masing masing orang punya teknik mendongeng tersendiri. Seperti pada artikel diatas cut mini punya tekniknya sendiri.

salam,
ceritera-rakyat blog


banjarmasin, 15-04-2010
jam: 10:20 malam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar